Resume Sejarah Komputer (Paling Lengkap)

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan perintah yang telah dirumuskan. Itu juga dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang bekerja bersama untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komponen komputer adalah: layar monitor, CPU, keyboard, mouse, dll.

Sejarah Komputer

Ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

ENIAC (Integrator numerik elektronik dan kalkulator).

Digunakan sebagai persyaratan umum. Dirancang oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly. ENIAC membutuhkan sejumlah besar listrik, yaitu 140 kilowatt. Dengan bobot mesin lebih dari 30 ton, dan 167 m2 menempati banyak ruang.

Penggunaan pita magnetik sebagai sarana input dan output. Itu adalah komputer komersial pertama yang digunakan oleh Biro Sensus Amerika Serikat yang digunakan untuk menghitung sensus populasi dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan komersial.

Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah CPU. Petunjuk pengoperasian dibuat khusus untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program seperti kode biner. Rangkaian ini menggunakan tabung vakum (tabung vakum). Komputer generasi pertama menggunakan konsep Program yang disimpan dengan memori utamanya sebagai Magnetic Core Storage. Program utama pada komputer generasi pertama adalah bahasa mesin. “

Generasi kedua (1959 – 1964)

Penggunaan transistor untuk rangkaian dapat memaksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil. Gunakan bahasa rakitan yang terdiri dari singkatan untuk mengganti kode biner. Pada tahun 1965, hampir semua perusahaan besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan bisnis.

Generasi ketiga (1964 – 1970)

Seorang ilmuwan bernama Jack Billy menciptakan komponen yang lebih canggih, IC atau chip sirkuit terpadu kecil yang mampu mengumpulkan dan menjaga banyak komponen bersama. Karena itu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Komputer generasi ketiga juga lebih cepat dalam sistem operasi dan dapat menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Generasi keempat (1979 – 2000)

Komputer generasi keempat mulai menggunakan chip IC. Satu chip dapat menampung ribuan komponen. Penggunaan integrasi skala besar (LSI), yang dapat disebut integrasi bipolar skala besar, adalah kumpulan ribuan kompaksi IC, yang datang bersama dalam chip IC yang disebut chip. LSI dikembangkan lebih lanjut dalam VLSI (integrasi skala besar) yang dapat menampung puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu sirkuit terintegrasi. Kemudian ia menjadi komputer mikro lagi. Istilah komputer pribadi muncul. “Peralatan komputer mulai dipasarkan di sektor individu.

Generasi kelima (sekarang)

Semakin banyak fungsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *